Sabtu, 14 September 2013

PEMAHAMAN KELIRU TENTANG MITOS MITOS ADU KABAU

Suatu pemahaman yang keliru dimana asal usul MINANGKABAU dikisahkan sebagai kemenangan Adu kerbau.

Ketahuilah secara logika Bahwa Pada Zaman Dahulu kerbau bukan hanya ada di Sumatera Barat, tetapi ada diseluruh daerah Indonesia.
Jadi asal usul MinangKabau itu adalah Politik Adu mengadu (Adu domba Ciptaan Belanda) agar Belanda dapat menduduki wilayah sebagai jajahan.

Dari sekian Daerah yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada Zaman Dahulu Satu satunya Daerah yang paling pertama kali dan sangat unggul dalam memanfaatkan hewan ternak khususnya Tenaga dari kerbau adalah orang minang yaitu Daerah daratan Sumatera bagian Tengah kira kira begitulah.
Kepiawaian / kepintaran orang minang pada zaman Dahulu memanfaatkan tenaga kerbau seperti : Menciptakan Pedati, menciptakan teknik membajak sawah, pembuatan Saka (Gula Tebu) dari pemerasan Tebu dan lain sebagainya


Sementara Daerah lain belum mengerti cara memanfaatkan tenaga Kerbau,
Maka muncullah Minang yang identik dengan Kabau.
Jadi diibaratkan jika di adakan suatu Kontes Kerbau makan daerah Mingan- lah yang lebih unggul ……sebagai pemenang.
kemudian muncullah suatu perayaan acara kemenangan dengan berbagai variasi variasi yang menarik dan ternyata cukup berkesan sehingga dikenang berketerusan ahirya jadi Budaya.

Orang Minang kaya dengan FILSAFAT Baik dan Buruk selalu jadi pertimbangan ” ALUN BAKILEK ALAH BAKALAM”
Ketahuilah Adu kerbau adalah Budaya Ciptaan BELANDA
dan karena diadakan Adu mengadu Kerbau ini pulalah keutuhan Persatuan MINANGKABAU jadi terbagi jadi dua belahan 1 Kaum Religius yang melarang kerjaan adu mengadu 1) Kaum budayawan karena adu mengadu dijadikan Budaya, hal ini bertentangan dengan ajaran Islam.

Terjadi Perang PADERI itu adalah perang Kita sama Kita kemudian setelah kekuatan tidak bersatu lagi makan Belanja duduklah Sebagai penguasa.
Belanda Menguasai ranah minang.

Tidak ada komentar: